Rabu, 12 November 2014

Piket Kelas bisa Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Take Responsibility for Your Action or Stop Acting Altogether.

Hampir di setiap sekolah ada yang namanya Piket Kelas. Ya, sebuah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok pelajar yang membersihkan dan merapikan tempat belajar mereka, yaitu kelas mereka sendiri. Biasanya piket kelas dibentuk oleh masing-masing anggota kelasnya, dan terjadwal serta tersusun rapi. Terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan hari aktif kegiatan belajar mengajar. Disana tercatat nama-nama siapa saja yang kebagian Piket Kelas. 

Piket Kelas bertujuan tidak lain adalah agar membuat lingkungan tempat belajar menjadi bersih, rapi, dan nyaman. Sehingga terbebas dari penyakit, dan membuat kelas enak dipandang.. Hal tersebutlah yang bisa meningkatkan semangat belajar. Siapa juga yang akan betah dan nyaman belajar di kelas yang kotor penuh debu, sampah, atau bahkan ada hewan mati di dalamnya.

Selain meningkatkan kebersihan lingkungan kelas, masih ada beberapa hal yang bermanfaat dari kegiatan tersebut. 

Membuat Akrab dengan Teman
Dengan melakukan kegiatan piket di kelas Kamu bisa semakin akrab dan kompak dengan teman-teman Kamu. Jika Kamu memiliki masalah dengan komunikasi dengan teman Kamu, Piket Kelas bisa membantu Kamu untuk membuat kalian saling mengenal lebih dalam satu sama lain. Piket Kelas juga bisa menjadi media untuk saling memaafkan, siapa tahu Kamu memiliki masalah dengan teman Kamu, tapi tidak pernah ada moment untuk kalian saling bertemu dan mengobrol. Nah, di waktu Piket Kelas inilah Kamu bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki hubungan tersebut.

Membuat Kamu Bisa Menyapu atau Mengepel
Sekurang-kurangnya manfaat dari Piket Kelas adalah, Kamu bisa mulai belajar untuk menggunakan Sapu atau Lap Pel. Disinilah tempat Kamu mengetahui dan memahami fungsi dari kedua benda tersebut. Buat Kamu yang di rumahnya tidak pernah menyentuh alat-alat kebersihan seperti Sapu atau Lap Pel, Kamu akan mendapatkan pengalaman tersebut di sekolah, ketika Piket Kelas. Kemudian jika Kamu masih memiliki rasa sosial dan tanggung jawab, maka Kamu tidak akan hanya sekedar menyentuhnya saja, tentu Kamu akan belajar menggunakannya untuk membantu teman lainnya membersihkan kelas.

Mendapatkan Prestasi
Menjadi kelas dengan predikat "Kelas Terbersih" adalah suatu kebanggaan. Karena dengan title tersebut, itu menandakan bahwa kelas Kamu adalah ruang kelas yang paling bersih, rapi, dan nyaman dibandingkan semua ruang kelas yang ada di sekolah tersebut. Sebuah prestasi baru yang bisa Kamu dan teman-teman Kamu dapatkan dengan membuat kelas menjadi bersih dan nyaman. Tidak sulit kan.

Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab
Dengan segala aktivitas di dalamnya, Piket Kelas bisa membantu Kamu untuk lebih bertanggung jawab. Contohnya saja, dengan adanya Piket Kelas Kamu secara tidak langsung sudah mendapatkan amanah untuk membersihkan ruang kelas. Ketika kamu pergi lari dan tidak mengerjakan kewajiban tersebut, itu tandanya Kamu adalah seorang yang tidak bertanggung jawab. Melalui kegiatan Piket Kelas, rasa tanggung jawab Kamu akan dilatih, dan akan semakin berkembang, dari hal yang kecil menjadi hal yang besar. Oleh karena itu, jadilah orang yang bertanggung jawab, setidaknya kerjakanlah kewajiban Kamu untuk Piket Kelas. #BKmedia


Source: http://sulaikahkurniawati.wordpress.com/2011/06/03/melatih-tanggung-jawab-dengan-piket-kelas/

0 komentar:

Posting Komentar