Kamis, 13 November 2014

Tips Percaya Diri Berbicara di Depan Kelas

Confidence, is something you create within yourself by believing in who you are.

Pernah merasa gugup atau tidak percaya diri ketika berada di depan kelas? Merasa malu, tubuh gemetar, atau pikiran tiba-tiba ngeblank? Mungkin siapa saja bisa mengalami hal serupa.

Biasanya situasi yang membuat kamu harus berada pada posisi tersebut, adalah ketika kamu harus mengisi jawaban yang ada di papan tulis, menjelaskan materi yang dipinta oleh guru, atau saat kamu dimarahi karena melakukan kesalahan. Nah, supaya kamu tidak lagi merasa takut dan bisa menjadi lebih percaya diri untuk berada di depan kelas, cobalah beberapa tips berikut ini.

1. Cari Tahu Mengapa Kamu Gugup
Pertama identifikasi alasan gugup di depan mereka. Itu terjadi karena pikiran negatif seperti, "Aku akan melakukan kesalahan di depan guru dan teman-teman". Pikirkanlah sesuatu yang lebih positif seperti, "Aku sangat siap, terlihat sangat pinta dan menarik perhatian mereka saat Aku berbicara.". Cara ini benar-benar efektif.

2. Persiapan
Sangat mudah menjadi gugup ketika mempersiapkan presentasi beberapa jam sebelumnya, bukan saat bebebrapa hari sebelumnya. Mulailah mempersiapkan diri jauh dari hari sebelumnya.

3. Berbicara dengan Seseorang
Berbicaralah dengan teman dekat atau orang dewasa yang kamu percaya. Tanyakan kepada mereka bagaimana bertindak bijaksana. Mereka bisa menonton saat kamu berlatih. 

4. Berlatih dan Berlatih
Lakukan latihan beberapa kali di depan cermin dan coret bagian yang tidak perlu. Tambahkan informasi atau catatan lainnya agar penampilan kamu terlihat lebih matang.

5. Buatlah Simulasi
Simulasi presentasi bisa kamu lakukan dengan teman-teman kamu. Setidaknya minimal lakukanlah dengan empat orang temanmu. Dengan begitu, kamu merasa banyak aorang yang memperhaitkan seperti saat akan presentasi di depan kelas dan bisa mengatur rasa gugup di depan banyak orang.

6. Tetap Tenang
Sebelum dan saat hari presentasi tetaplah tenang dan berpikir positif. Ingat bahwa kamu sudah berlatih dengan giat sebelumnya, dan kamu siap untuk menghadapi presentasi tersebut.

7. Lakukan yang Terbaik dan Nikmati
Terlalu melihat catatan saat kamu presentasi tidaklah baik, sebelumnya kamu telah berlatih dengan keras memastikan bahwa presentasimu benar. Hal tersebut hanya akan membuat kamu menjadi ragu dan semakin bingung. Teman kelas kamu akan memberikan apresiasi jika kamu tidak sering melihat catatan yang ada di tangan kamu.

8. Tidak Perlu Memikirkan Kesalahan-kesalahanmu
Selamat! Karena kamu memiliki keberanian berdiri di depan teman-teman dan guru kamu. Tidak perlu berpikir yang berlebihan tentang kesalahan saat presentasi. Jadikanlah presentasi yang telah kamu lakukan sebagai pelajaran untuk presentasi berikutnya. #BKmedia


Source: http://www.menginspirasi.com/2014/01/tips-percaya-diri-berbicara-di-depan.html

0 komentar:

Posting Komentar