Rabu, 12 November 2014

Jadikan Hobi Sebagai Peluang Bisnis

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dapat menghasilkan uang.

Ketika seseorang merasa senang, hal tersebut berdampak positif pada sikap, ucapan serta suasana hati. Sehingga apapun yang dipikirkan atau dilakukan akan memberikan hasil yang optimal. Dalam situasi pekerjaan misalnya, ketika kamu menyukai pekerjaan tersebut, sebanyak atau sesulit apapun hambatannya kamu akan merasa kuat dan lebih tegar untuk menyelesaikannya. 

Seseorang akan merasa nyaman dalam menjalani pekerjaannya ketika dia mengerjakan hal-hal yang dia sukai. Cobalah kamu terapkan konsep tersebut pada aktivitas sehari-hari. Seperti menyukai dan mengembangkan hobi yang kamu miliki. Tidak sedikit, hobi yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan peluang usaha. Akan menyenangkan bukan, ketika hobi yang kamu sukai bisa menjadi pohon uang.

Bermusik
Buat kamu yang menyukai musik, kamu bisa memanfaatkan bakat kamu tersebut untuk menghasilkan uang. Tidak sedikit, orang yang berkarir di bidang musik. Menjadikannya pekerjaan sambilan, sambil mengisi waktu luang di sela-sela aktivitasnya. Hasil latihan kamu bisa dijadikan sebuah karya, dan ditampilkan kepada orang banyak. Kamu bisa memulainya dengan membuat demo lagu ciptaan kamu sendiri, baik dengan menggunakan fasilitas studio musik, home studio, atau cukup menggunakan smartphone. Kamu sudah bisa menghasilkan satu karya dengan hak cipta milikmu sendiri.

Banyak aplikasi atau fasilitas yang bisa kamu gunakan, mulai dari software Audition, ACID, Sonar, hingga FL Studio yang bisa membantu kamu untuk menciptakan sebuah lagu. Bahkan kini sudah ada fasilitas online yang simple dan banyak dikenal masyarakat, seperti Soundcloud.com.

Setelah membuat karya, kamu bisa mempromosikan lagu kamu tersebut ke banyak orang. Buatlah orang tertarik pada lagu yang telah kamu buat. Siapa tahu kamu bisa dipanggil untuk mengisi acara-acara di cafe, mall, acara musik, atau bahkan mungkin ada produser musik yang bersedia mensupport karya kamu sepenuhnya setelah mendengar lagu yang telah kamu ciptakan. 

Fotografi
Menyukai seni visual fotografi memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Kamu harus merogoh kocek yang cukup, untuk membeli sebuah kamera. Tapi, bukan berarti dengan menenteng sebuah kamera kamu sudah bisa dikatakan sebagai fotografer profesional. Pada dasarnya semua orang adalah fotografer, orang yang menyukai fotografi dan "bisa" memotret bisa dipanggil fotografer.

Hobi memotret ini, bisa dijadikan sebuah peluang. Banyak kategori yang bisa dijadikan minat untuk dijadikan peluang usaha di bidang fotografi. Seperti halnya, foto produk, dokumentasi acara, atau membuat company profile. Jika kamu jago dalam skill memotret, kamu bisa saja ditawari untuk membuat foto untuk produk-produk di cafe, restoran, distro, majalah atau untuk band-band yang ingin membuat cover album.

Lebih jauh lagi, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam event-event besar atau membuat sebuah profil dari perusahaan-perusahaan swasta maupun negeri. Cukup menggiurkan bukan.

Memelihara Hewan
Mulai dari hewan unggas, hewan pengerat, sampai hewan melata yang terkadang menakutkan, kini sudah biasa dipelihara oleh masyarakat. Terkadang hewan-hewan peliharaannya dibawa kemana-mana. Mungkin hobi yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada mahluk hidup lainnya selain manusia dan tumbuhan.

Semakin berkembang, hobi memelihara hewan menjadi sebuah trend. Ada dokter hewan, ada fasilitas penitipan hewan, toko makanan hewan, toko kandang, juga toko hewan itu sendiri. Kamu bisa banyak mencoba mengembangkan peluang usaha di bidang ini. Atau sekurang-kurangnya, kamu bisa menjadikan hewan peliharaan kamu sebagai hewan ternak. Dengan bermodalkan sepasang hewan peliharaan, kamu bisa menjual hasil dari ternak kecil-kecilan tersebut. Barang-barang lain, seperti makanan, akesesoris dan kandang hewannya pun bisa tidak kalah memiliki peluang yang sama untuk dijadikan uang juga.

Menjadi Kolektor
Barang-barang yang sejenis dan banyak akan menjadi daya tarik sendiri bagi sesama kolektor. Bisa barang-barang antik dari peninggalan-peninggalan zaman dulu, atau barang-barang modern seperti aksesosris, baju, mainan, buku, furniture, atau mungkin juga mobil. Semakin aneh atau langka barang yang kamu koleksi, akan membuat harga jualnya menjadi semaki tinggi.

Awalnya kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan barang-barang tersebut karena senang dan memang hobi. Tapi jika sudah banyak dan melimpah, suatu saat kamu bisa mengembangkannya menjadi sebuah toko souvenir, atau museum barang-barang koleksi kepunyaanmu. #BKmedia

Source: http://liputan-69.blogspot.com/2013/04/10-macam-hobi-yang-bisa-dijadikan-bisnis.html#.VGN9hdyUdx0

0 komentar:

Posting Komentar