Kamis, 13 November 2014

10 Cara Mengembangkan Pola Hidup Hemat

Save Money, and Money will Save You.

Hidup hemat adalah kebiasaan positif yang harus dikembangkan, terutama jika kamu memiliki berbagai rencana di masa depan yang memerlukan uang ekstra. Selain itu, dengan terbiasa hidup hemat, kamu akan memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak.

10. Buat Rencana Pengeluaran Bulanan
Langkah pertama untuk belajar hidup hemat adalah dengan membuat rencana pengeluaran. Tulislah secara detail biaya-biaya yang kamu keluarkan setiap hari atau bulannya. Usahakan untuk secara detail memperkirakan uang yang harus kamu keluarkan, contohnya untuk membeli peralatan sekolah, keperluan tugas atau ujian, dan lainnya. 
Buat anggaran maksimal untuk tiap-tiap kategori pengeluarannya, dan berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak melebih anggaran yang telah dibuat. 

9. Gunakan Jasa Prabayar 
Jika kamu ingin menabung dan mengembangkan pola hidup hemat, hindari menggunakan kartu pascabayar untuk smartphone yang kamu gunakan. Hal ini sangat berguna untuk mencegah pulsa yang meledak karena penggunaan yang berlebih dan membuat kamu harus mengeluarkan uang ekstra. Buat juga anggaran yang ketat untuk uang pulsa. Misalnya anggarannya perminggu atau perbulannya. Cobalah untuk mengurrangi SMS atau telepon, dimana kamu bisa menggunakan jasa-jasa pengiriman gratis melalui aplikasi mesengger.



8. Berbelanja Online
Berbelanja secara Online akan sangat membantu kamu menyimpan uang, dengan catatan toko Online yang kamu pilih memiliki jasa untuk mengantar barang hingga ke rumah. Walaupun mungkin sedikit lebih mahal, namun berbelanja secara Online bisa membuat kamu lebih menghemat waktu, tenaga, dan kamu tidak akan tergoda untuk memilih barang-barang lain selama berbelanja. 

7. Membuat Daftar Belanja
Ketika kamu berniat pergi ke toko dan mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, cobalah untuk selalu membuat daftar belanjaan dan membawanya ketika kamu berbelanja. Akan lebih baik jika daftar belanja tersebut dilengkapi dengan harga dan uang maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu barang. Daftar belanjaan bisa membantu kamu untuk tidak membeli sesuatu yang tidak diperlukan.



6. Cari Hiburan Murah
Hiburan adalah sesuatu yang penting, namun kamu harus berhati-hati karena hal ini yang paling bisa menghambat kamu untuk bisa hidup hemat. Cobalah mencari hiburan murah yang tetap asyik dan bisa kamu nikmati bersama teman-teman kamu. Misalnya, kamu bisa memilih untuk membeli DVD dan menontonya di rumah daripada pergi ke bioskop. Atau kamu juga bisa mengadakan pesta di rumah sebagai pengganti pesta di restoran atau cafe.



5. Memasak
Walaupun terkesan tidak penting, namun dengan memasak bisa sangat membantu kamu dalam berhemat. Secara logika, kamu pasti sudah bisa memperkirakan bahwa bahan-bahan masakan jauh lebih murah daripada membeli makanan jadi di cafe atau restoran. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, belajarlah untuk membuat makanan-makanan yang praktis dan mudah dimasak. 



4. Usahakan untuk Tidak Berhutang
Prinsip ini perlu ditanamkan baik-baik, terutama jika kamu ingin menabung dan menyimpan banyak uang di masa depan. Sebisa mungkin, jangan berhutang kecuali hal itu benar-benar bisa mempengaruhi kelangsungan hidup kamu. Hidup sederhana tanpa memiliki hutang jauh lebih baik daripada bermewah-mewahan tapi memiliki hutang yang menumpuk.




3. Beli Stok Bahan Makanan dalam Jangka Panjang
Hindari membeli bahan makanan secara eceran, karena perbedaan harganya bisa cukup besar. Ketika kamu mendapatkan uang saku, langsung belanjakan untuk membeli makanan yang bisa bertahan lama dan banyak. Metode ini memang terkesan merepotkan, namun sebenarnya cukup efektif karena nantinya kamu tidak perlu bolak-bolik membeli makanan yang diperlukan.

2. Bersepeda, Jalan Kaki, atau Gunakan Transportasi Umum
Jika kamu memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk bensin dan perawatan tiap bulannya. Mengingat harga BBM yang tinggi, cobalah untuk menghindari semaksimal mungkin penggunaan transportasi pribadi, di luar keperluan harian rutin.



1. Disiplin
Poin terpenting dalam cara hidup hemat adalah kedisiplinan. Seberapa bagus pun rencana anggaran yang sudah dibuat, apabila tidak ditunjang oleh kedisiplinan maka usaha tersebut akan sia-sia. Kedisiplinan ini menyangkut kemampuan untuk mengontrol diri sendiri untuk menabung, untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukam, untuk tidak terlalu banyak jajan dan main, dan masih banyak lagi. 

Carilah motivasi tertentu yang bisa membuat kamu tetap disiplin. Walaupun pada awalnya akan terasa sulit, namun jika sudah terbiasa maka sikap disiplin untuk mengembangkan pola hidup hemat akan menjadi bagian dari diri kamu.

Source: http://www.top10indo.com/2013/09/10-cara-hidup-hemat.html

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin hidup hemat, ternyata keluarga kerajaan juga menerapkannya loh dalam kehidupannya. Kalo kita ga nerapin, malu dong sama mereka. Mau tau keluarga kerajaan mana yang sehari-harinya hidup hemat? Cek di sini: kebiasaan hemat keluarga kerajaan

    BalasHapus