Sabtu, 15 November 2014

Tips Merencanakan Karir sesuai Potensi Diri

"Succes is a journey, not a destination" - Ben Swelland.

Karir yang sukses menjulang tinggi seperti orang-orang terkenal di dunia tentu merupakan impian bagi setiap orang. Siapa yang tidak ingin karirnya sukses, Mark Zuckerberg, Taylor Swift, Mario Gotze, bahkan Agnes Monica adalah beberapa nama dari sekian banyak orang yang sukses di dunia ini dari bidangnya masing-masing. 

Kesuksesan karir tidak luput dari sebuah perencanaan karir yang matang dan sukses pula. Membangun rencana dalam berkarir itu sangat penting karena apa yang kamu lakukan hari ini akan menentukan kehidupan kamu sebulan, setahun atau bahkan sepuluh tahun yang akan datang. Apakah kamu akan merasakan hidup yang nyaman dan bahagia? Atau hanya kemelaratan yang akan terjadi dalam hidup kamu nantinya?

Untuk membantu kamu mengenali perencanaan karir, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat sebuah perencanaan karir. 

Kenali Diri Kamu Sendiri 
Karena perencanaan ini berhubungan dengan masa depan diri kamu, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berkenalan dengan diri kamu sendiri. Pahami setiap potensi dan kekurangan yang ada dalam diri kamu, setelah itu bangunlah sebuah mental seorang juara. 

Artinya semua potensi yang kamu miliki harus bergerak untuk menutupi kekurangan kamu saat kamu mengalami masalah dalam karir. Ketika potensi yang kamu miliki bergerak maka kamu akan berusaha bangkit saat terjatuh. Mengenali diri sendiri pun akan membantu kamu untuk merencanakan pekerjaan seperti apa yang bisa mewujudkan karir yang kamu impikan. 

Pahami Jenis Pekerjaan 
Disini hal penting yang kamu butuhkan adalah informasi dari semua lapangan pekerjaan yang tersedia, kenapa? Karena saat kamu membuat perencanaan karir, maka tentu kamu harus mengenali seperti apa jenis pekerjaan yang akan membuat karir kamu sukses. 

Tapi tentunya tidak hanya jenis pekerjaannya saja karena untuk sukses tidak selamanya kamu harus bekerja sesuai dengan keinginan kamu, asal ada niat untuk belajar dan berusaha maka bukan tidak mungkin satu-satunya rencana kamu dalam berkarir yaitu sukses bisa kamu raih meski jenis pekerjaan tidak sesuai dengan seperti yang kamu harapkan. 

Tetapkan Tujuan dan Lakukan! 
Dalam membangun rencana tentu kamu memiliki tujuan tersendiri, dalam dunia karir tujuan utamanya tentu adalah meraih sukses. Nah, setelah melakukan dua poin di atas maka saatnya kamu menetapkan tujuan. Pahami apa yang ingin kamu raih dari pekerjaan yang kamu tekuni, setelah itu buat perencanaan tentang langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan supaya tujuan tersebut tercapai. Setelah itu? Cepat lakukan! Jangan buang-buang waktu lagi. 

Buat Diri Kamu Berkembang
Nah, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengembangkan potensi yang ada pada diri kamu sendiri. Pengembangan diri merupakan hal yang penting karena tanpa kamu berani untuk mengembangkannya bisa dipastikan jika rencana karir yang sudah kamu rencanakan hanya akan menjadi impian semata. Jangan membuat diri kamu identik dengan pekerja lainnya, "Think different, be different" itulah yang membedakan kamu dengan pekerja lainnya. #BKmedia

Source: http://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/pengembangan-diri/perencanaan-karir/

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin karier, ternyata ada loh sederet nasihat tentang karier yang sangat luar biasa dari sosok ayah. Mau tau apa aja? Yuk cek selengkapnya di sini: Nasihat Karier dan Keuangan

    BalasHapus