Kamis, 13 November 2014

Tips Memilih Ekskul yang Tepat, Sesuai dengan Minat dan Bakat

Sesungguhnya, Ekskul itu menjauhkan kamu dari perbuatan-perbuatan buruk.

Ekstrakurikuler (ekskul) adalah kegiatan pengembangan diri di sekolah yang diadakan di luar kegiatan jam belajar reguler. Ekskul diadakan Sekolah sebagai sarana untuk mengasah potensi dan bakat yang kamu miliki. Tujuannya supaya setiap pelajar mampu mengembangkan bakat di bidang akademik maupun non-akademik.

Kegiatan ekskul disediakan oleh pihak Sekolah supaya peserta didiknya bisa aktif dalam lingkungan dan kelompok yang positif. Karena tidak sedikit pelajar-pelajar yang lebih memilih nongkrong di warung kopi dekat sekolah dan menjadikannya tempat ngumpul atau basecamp. Dari situlah sebenarnya perilaku-perilaku yang buruk bisa terjadi, seperti diam-diam merokok, membawa alat tajam, meminum miras, atau bahkan narkoba.

Basecamp bagaikan menjadi sebuah wadah aktualisasi diri bagi mereka, pelajar yang memiliki gangguan pada "pola pikir positifnya". Padahal, di Sekolah sudah disediakan berbagai wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan potensi yang dimiliki. Ekskul merupakan media kreatif, dimana pelajar bisa menambah wawasan ilmu, mengasah kemampuan, serta berprestasi. Kalau bisa berprestasi dari melalui ekskul, akan membuat kamu terlihat lebih keren bukan, dibandingkan terkenal karena ikut tawuran dengan sekolah sebelah.

Untuk ikut serta dalam kegiatan ekskul, terkadang banyak alasan yang membuat seseorang sulit memilih ekskul yang tepat. Kebingungan saat memilih ekstrakurikuler memang biasa dihadapi oleh pelajar yang baru masuk ke Sekolah. Biasanya ada banyak alasan yang menyebabkan hal ini, dari mulai tidak tahu informasi mengenai ekskul apa yang cocok, hingga alasan bahwa ekskul yang dipilih ternyata tidak semenarik yang dibayangkan dalam pikiran. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba sewaktu memilih ekskul di Sekolah.

Sesuaikan dengan Minat, Bakat, Hobi dan Kemampuan
Jangan bergabung hanya karena minat saja namun tidak melihat bakat dan kemampuan hingga tidak memberikan hasil yang maksimal. Semua elemen tersebut harus selaras dan seimbang. Misalnya memaksakan ikut ekskul bola basket walaupun tidak berbakat, nantinya kemungkinan tidak akan pernah masuk tim inti ketika lomba dan kamu hanya akan menjadi anak bawang di tim tersebut.

Sesuaikan dengan Jadwal Aktivitas Sehari-hari
Jangan memilih ekskul yang waktu kegiatannya bentrok dengan jadwal  yang lain. Misalkan saja ekskul karate latihan setiap hari senin dan kamis sore, namun kamu sudah terdaftar dan aktif di bimbel (bimbingan belajar) di hari dan waktu yang sama. Alhasil kamu akan bingung, dan tidak akan bisa optimal di keduanya. Oleh karena itu, pilihlah ekskul yang kemunkinan kamu bisa hadir dan berpartisipasi di setiap kegiatannya.

Jangan Terpengaruh Teman (Ikut-ikutan)
Terkadang teman suka mengajak untuk ikut dalam kegiatan ekskulnya atau sekedar iseng ramai-ramai bergabung bersama teman akrab atas dasar solidaritas. Semuanya kembali lagi ke minat, bakat, kegemaran serta kemampuan, dan jadwal  tidak boleh saling bertentangan. Jika hanya ikut-ikutan, kemungkinan besar kamu tidak akan bertahan lama karena berbagai sebab. Lain halnya jika kamu ikut memang atas dasar keinginan sendiri, seberat apapun kegiatannya, kamu akan tetap bertahan dan melanjutkan kegiatan ekskul tersebut.

Hindari Ekskul yang Bisa Menurunkan Nilai Akademis
Jangan sampai karena mengikuti kegiatan tambahan, justru membuat prestasi sekolah menurun. Bisa jadi karena terlalu capek dan sibuk dengan ekskul malah jadi jarang belajar dan tidak  mengerjakan pekerjaan rumah. Mengelola waktu, serta menjaga stamina tubuh juga sangat perlu diperhatikan. Karena ekskul akan memakan banyak tenaga dan waktu yang harus kamu keluarkan lagi. Jika kamu tidak bisa memanagenya dengan baik, hal ini  bisa berdampak buruk pada prestasi atau nilai akademis di kelas.

Lihat Orang-orang yang ada di dalamnya 
Jangan ikut berpartisipasi dalam suatu kegiatan ekskul hanya karena namanya saja, lihat siapa pembimbingnya, siapa pelatihnya, siapa pesertanya dan apa prestasinya. Jika kita ikut suatu ekskul yang orang-orangnya tidak berkompeten dan tidak peduli, maka sia-sia saja hasilnya. Kamu harus tahu juga seluk beluk informasi lengkap mengenai ekskul yang akan kamu pilih. Karena kemajuan sebuah kelompok atau organisasi akan bergantung pada sumber daya manusia di dalamnya. #BKmedia

Source: http://www.momdadi.com/berita-245-tips-memilih-ekskul

0 komentar:

Posting Komentar