Kamis, 13 November 2014

Hidup Lebih Baik dengan Berempati

Berempati tidaklah mudah. Harus ada kemauan dari dalam diri Anda untuk menumbuhkan rasa empati.

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya empati dalam kehidupan. Padahal dengan adanya empati, kehidupan bisa berjalan lebih tenang, tentram dan damai. Ketika seseorang telah mampu berempati kepada orang lain, maka ia akan merasakan manfaat empati. Manfaat empati tidak hanya bisa dirasakan oleh orang yang berempati maupun orang yang diempati. Namun manfaat empati bisa dirasakan oleh semua orang dalam masyarakat, negara, bahkan dunia.

Empati merupakan rasa kepedulian terhadap orang lain, rasa ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, baik suka, duka, senang maupun susah. Sebagai makhluk sosial manusia tidak akan terlepas dari orang lain, manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain, tak peduli betapa kaya atau betapa hebatnya seseorang.

Empati penting sebagai jembatan untuk bisa berhubungan baik dengan orang lain. Namun tak banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat empati yang bisa diperolehnya ketika ia mau menumbuhkan rasa empati dari dalam dirinya. Berikut adalah beberapa manfaat empati.

Membuat Hidup Lebih Bahagia
Manfaat empati yang pertama adalah membuat hidup lebih bahagia. Ketika kamu memiliki rasa empati kepada orang lain, kamu akan mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Jika kamu telah memiliki itu, maka dari dalam diri kamu tumbuh rasa belas kasih dan kasih sayang terhadap sesama. Rasa belas kasih dan kasih sayang terhadap sesama akan menjauhkan kamu dari rasa iri, benci, maupun permusuhan kepada orang lain hingga membuat kamu menjadi pribadi yang bijaksana sehingga mampu membuat hidup kamu lebih bahagia.

Membuat Hidup Lebih Sehat
Manfaat empati yang kedua adalah membuat hidup lebih sehat. Sebuah study yang diterbitkan dalam Psychological Science menujukkan bahwa emosi positif dan hubungan sosial yang positif mampu meningkatkan kesehatan. Pengamatan yang dilakukan pada peserta penelitian menunjukkan bahwa dengan menumbuhkan emosi positif yang diwujudkan dalam bentuk cinta kasih kepada sesama serta dengan mewujudkan hubungan sosial yang positif para peserta memiliki denyut jantung yang lebih stabil serta terhindar dari berbagai jenis penyakit. Pada intinya orang yang memiliki empati kepada orang lain dapat merasakan manfaat empati yakni memiliki hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Membuat Lebih Pintar
Manfaat empati berikutnya adalah membuat kamu lebih pintar. Empati akan membuat kamu lebih mudah untuk berhubungan baik dengan orang lain. Untuk mampu berhubungan baik dengan orang lain, kamu harus mampu menyesuaikan diri dengan orang-orang yang berbeda latar belakang pendidikan, sosial maupun ekonominya dengan kamu. Empati akan memudahkan kamu untuk itu, membuat kamu lebih pintar menyesuaikan diri dan juga tentunya membuat kecerdasan emosional kamu semakin meningkat.

Menumbuhkan Rasa Cinta Kasih
Manfaat empati selanjutnya adalah menumbuhkan rasa cinta kasih dari dalam diri kamu. Empati akan membuat kamu mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Membuat kamu mampu menempatkan diri kamu dalam situasi dan kondisi orang lain hingga kamu mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain ini akan memunculkan rasa cinta kasih dari dalam diri kamu kepada orang lain.

Mendapatkan Kemudahan-kemudahan dalam Hidup
Manfaat empati berikutnya adalah mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidup kamu. Empati akan membuat kamu lebih peduli dan mau membantu orang lain. Dengan kata lain empati merupakan kebaikan yang kamu berikan kepada orang lain. Setiap kebaikan yang kamu berikan akan mendapat balasan, baik dari Tuhan maupun dari sesama manusia. Ketika kamu mampu berempati dan berbuat baik kepada orang lain, maka orang lain juga akan berbuat baik kepada kamu sehingga kehidupan kamu akan dipenuhi dengan kemudahan-kemudahan yang tidak kamu sangka sebelumnya.

Ketika kamu mampu memiliki empati pada orang lain, kebaikan akan selalu datang pada kamu. Sedikit saja yang kamu lakukan pada orang lain, akan berpengaruh besar pada kehidupan kamu. Peduli terhadap orang di sekitar kamu adalah bentuk kecil dari Empati. #BKmedia

Source: http://www.gelombangotak.com/Manfaat-Empati.htm

1 komentar: