Minggu, 09 November 2014

Mengenal Perkembangan Laki-laki dan Perempuan

The best day ever, when you're a teenager.

Sesuai dengan namanya saja sudah berbeda, Laki-laki dan Perempuan. Memiliki fungsinya masing-masing berdasarkan apa yang dimiliki, seperti fisik dan mental serta cara berpikir. Laki-laki dan Perempuan pada dasarnya memang berbeda, sampai ada ungkapan yang mengatakan bahwa Laki-laki adalah mahluk dari planet Mars dan Perempuan adalah mahluk dari planet Venus.

Memang sulit untuk memahami lawan jenis kamu secara utuh, karena baik Laki-laki maupun Perempuan mengalami perkembangan fisik dan mental yang berbeda. Cobalah simak deskripsi perkembangan fisik dan mental berikut ini, supaya kamu lebih mengetahui cara untuk memahami diri sendiri dan orang lain.

Fisik
Dalam pertumbuhan bayi dan remaja, anak-anak tumbuh dengan tinggi dan berat badan di tingkat yang sama-sama lambat tapi stabil. Tidak ada perbedaan mencolok antara kedua jenis kelamin hingga akhir sekolah dasar. Memang kebanyakan anak perempuan tumbuh tinggi lebih cepat, tapi biasanya anak laki-laki dapat mengejar dan melebihi dalam beberapa tahun. Perempuan biasanya tumbuh tinggi 3 inci per tahun atau sedikit lebih. Sedangkan anak laki-laki tumbuh 3-4 inci per tahun.

Pubertas
Beberapa anak perempuan mulai menunjukkan perubahan pertama pubertas dengan adanya tunas payudara dan (kemudian) rambut kemaluan di usia 8 tahun. Perubahan ini biasanya berlangsung di usia 8 dan 12 tahun. Perubahan ini biasanya diikuti oleh menstruasi. Kebanyakan anak perempuan mendapatkan periode haid (menstruasi) pertama mereka dalam lima tahun perkembangan payudara atau sebelum berusia 16 tahun. Namun ada juga beberapa anak perempuan yang “matang” di usia yang sangat dini, 7 tahun. Situasi ini dikenal sebagai pubertas prekoks. Tidak jelas apa yang menyebabkan pematangan awal ini. Diperkirakan berasal dari paparan lingkungan genetika. Beberapa penelitian menunjukkan hal ini biasa terjadi pada anak perempuan Afrika-Amerika. 

Sedangkan pada anak laki-laki sangat jarang ditemukan perubahan yang dikarenakan pubertas. Biasanya pubertas ditandai dengan pembesaran testis dan pertumbuhan penis serta rambut kemaluan. Ini terjadi sebelum usia 9 tahun.

Keterampilan Motorik
Pada anak laki-laki, keterampilan motorik kasar (berjalan, melompat, keseimbangan) cenderung berkembang sedikit lebih cepat. Sedangkan pada anak perempuan, keterampilan motorik halusnya (memegang pensil, menulis) yang meningkatkan pertama kali. Hal ini bisa menguntungkan posisi anak perempuan di sekolah dasar.

Anak laki-laki juga lebih agresif dan impulsif secara fisik, seperti diungkapkan oleh studi yang menganalis otak anak. Pusat kesenangan otak benar-benar lebih “menyala” pada anak laki-laki ketika mereka dihadapkan pada tantangan. Itu bukan berarti anak perempuan tidak aktif dan berani mengambil risiko, hanya saja dalam hal ini anak laki-laki lebih memainkan perannya.

Kemampuan Verbal
Anak perempuan lebih baik dalam membaca tanda-tanda nonverbal seperti nada suara dan ekspresi. Itu juga yang juga membuat mereka menjadi komunikator yang lebih mahir, karena mereka dapat menghubungkan perasaan dan kata-kata lebih cepat. #BKmedia

Source: http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Anak/Perbedaan-Perkembangan-Fisik-Anak-Perempuan-Laki-laki/

0 komentar:

Posting Komentar