Minggu, 09 November 2014

Mengenal Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Design is Creativity with Strategy.

ITB atau Institut Teknologi Bandung adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Bandung. Kampus ini terkenal dengan lulusan-lulusannya yang sukses dengan karir di bidangnya masing-masing. Telah banyak pemuda-pemuda yang membanggakan bangsa terlahir dari kampus ini, seperti B.J. Habibie, Aburizal Backrie, Hatta Rajasa, Ridwan Kamil dan banyak lagi. 

Terdapat 12 Fakultas yang ada di perguruan tinggi ITB, salah satunya adalah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Di Fakultas ini, dipelajari ilmu-ilmu yang berhubungan erat dengan estetika, seperti gambar, desain, dan lukis. Selain ilmu-ilmu tersebut, ilmu humaniora pun ikut dipelajari pada salah satu fakultas yang seringkali dibilang paling nyentrik karena tingkah laku mahasiswanya. 

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB) diresmikan pada tahun 1984, setelah mengalami sejarah perkembangan yang panjang sejak 1 Agustus tahun 1947 sebagai Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Teknik Universitas Indonesia di Bandung. Pada tahun 1956 bersama bagian arsitektur digabung menjadi Bagian Arsitektur dan Seni Rupa. 

Pada tahun 1959 Arsitektur dan Bagian Seni Rupa berubah nama menjadi Departemen Perencanaan dan Seni Rupa bersamaan dengan lahirnya Institut Teknologi Bandung. Engga sedikit, orang-orang ternama yang dilahirkan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain. Mulai dari Aming (Komedian), Pandji Pragiwaksono (Presenter), sertaPidi Baiq (Musisi) adalah beberapa alumni kampus ITB, FSRD.

Di Fakultas ini, terbagi menjadi lima program studi (prodi), yakni: Desain Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa, Desain Produk, Kriya, dan Desain Interior. Buat kamu yang ingin mengenal lebih tentang Fakultas Seni Rupa dan Desain, berikut deskripsi mengenai pembelajaran di masing-masing prodinya. 

DKV
Seni berkomunikasi dengan menggunakan bahasa rupa untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif  serta  mengandung solusi (alternatif) untuk permasalahan yang hendak disampaikan (sosial maupun komersial).

Seni Rupa
Program studi Seni Rupa merupakan program bidang seni yang diawali dari pemahaman tradisi “Fine Art” yakni sebuah wacana yang bersumber dari modernisme. Dalam perjalanannya kemudian dikembangkan dalam kesadaran nilai-nilai lokal dan global. Program studi seni rupa tidak bertujuan praktis, tetapi berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kehidupan.

Desain Produk
Desain Produk adalah bidang ilmu/keahlian dalam perencanaan dan perancangan benda pakai/fungsional untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan produk benda bagi kebutuhan manusia,yang bertolak dari kenyamanan manusia sebagai pengguna dan perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya. Kenyamanan manusia mencakup: kenyamanan inderawi dan; kenyamanan nilai dan makna produk. Sedangkan Prinsip-prinsip industri meliputi: teknologi, pola konsumsi dan produksi, lingkungan binaan, serta studi kebudayaan.

Kriya
Kriya adalah bidang keilmuan mempelajari pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas berkarya rupa, yang bertolak dari pendekatan medium, kepekaan estetik, kebutuhan keseharian (utiliatrian) dan mengandalkan keterampilan manual. Hasil karya kriya diutamakan mengandung nilai keunikan konseptual, tema, imajinatif, emosional dan inderawi (visual, tactile, olfactory). Kriya juga merupakan metoda berkarya sekaligus mendesain produk yang mengutamakan nilai kualitas estetika, fungsional, keunikan, tema, makna dan pesan filosofis.

Desain Interior
Program studi Desain Interior adalah salah satu bidang studi keilmuan yang diasarkan pada ilmu desain. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun non fisik, sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Ada tiga hal utama yang menjadi kajian dalam desain interior, yaitu ruang, alat dan manusia penggunanya.

Di kampus ITB sendiri, program pendidikan untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain tersedia untuk jenjang Sarjana, Magister serta Doktor, sehingga prospek jenjang pendidikannya engga sulit dijangkau. Kalau kamu berminat atau tertarik untuk mendalami dan berkecimpung di dunia desain, FRSD ITB bisa menjadi salah satu alternatif pilihan kamu setelah menyelesaikan studi di Sekolah Menengah. #BKmedia

Source: http://www.fsrd.itb.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar