Sabtu, 08 November 2014

5 Langkah Efektif Mengelola Keuangan

Save The Money, Don't Waste It.

Seringkali keuangan menjadi masalah utama yang mengganjal hati di setiap harinya ketika pergi berangkat ke sekolah. Ini bukan masalah, banyak atau sedikit, lebih atau kurang, juga ada atau tidaknya uang yang bisa kamu bawa ke sekolah. Jika kita teringat ungkapan yang menyebutkan bahwa, "Rezeki itu sebagaimana kita mensyukuri" maka sebenarnya tidak menjadi masalah dengan jumlah uang tersebut. 

Namun terkadang yang jadi permasalahan adalah kebutuhan dan keuangan yang kamu miliki tidak seimbang, sehingga membuat kamu merasa tidak memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Salah satu cara untuk mensiasati masalah tersebut, kamu bisa belajar untuk mengelola keuangan yang ada dengan baik, sehingga bisa membantu kamu dalam perencanaan pengeluaran kesehariannya. Kamu bisa mencobanya dengan beberapa langkah seperti:

Langkah 1: Menentukan Target
Target adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam merencanakan sesuatu. Kamu bisa memulainya dengan mengelompokan menjadi Target Jangka Pendek, Target Jangka Menengah, serta Target Jangka Panjang. Misalnya Target Jangka Pendek, kamu ingin membeli buku, tas, atau sepatu. Lalu liburan akhir sekolah untuk Target Jangka Menengah. Kemudian untuk Target Jangka Panjang contohnya biaya persiapan kuliah atau kerja.

Langkah 2: Mengumpulkan Informasi
Informasi yang dikumpulkan bisa berupa data pemasukan harian atau bulanan, pengeluaran harian atau bulanan, serta saldo uang yang tersisa setelah kamu menghitung pemasukan dan pengeluaran keuangan kamu.

Langkah 3: Memahami Posisi Keuangan
Setelah kamu menghitung pemasukan dan pengeluaran keuangan, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang aktivitas belanja harian atau bulanan yang biasa kamu lakukan. Dari situ kamu bisa memperkirakan sejauh mana kamu bisa mencapai target yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Langkah 4: Memeriksa Saldo
Dari hasil jumlah akhir, kamu bisa mengetahui nominal aktivitas belanja kamu. Jika uang yang tersisa lebih, ada baiknya untuk ditabung. Namun jika minus, itu artinya kamu harus lebih jeli lagi dalam mengatur pengeluarannya.

Langkah 5: Mencatat Pengeluaran
Catatlah setiap pengeluaran walau sekecil penghapus sekalipun. Karena dengan menulis setiap pengeluaran, kamu akan mengetahui pola (kebiasaan) aktivitas belanja kamu. Seperti barang apa saja yang biasa kamu beli, momen-momen kapan saja yang biasa kamu aktif mengeluarkan uang, atau pengeluaran apa saja yang penting dan bisa dikesampingkan dahulu.

Mengelola keuangan yang ada, adalah hal paling efektif yang bisa kamu lakukan saat ini. Dengan mengoptimalkan keuangan yang ada pada diri kamu, tanpa melibatkan uang khayalan yang belum tentu kamu pegang seperti uang hutang di teman, atau uang dari bisnis kecil-kecilan kamu. #BKmedia

Source: http://www.citibank.co.id/portal/usewisely/bahasa/mengelola_anggaran.htm

0 komentar:

Posting Komentar