Minggu, 16 November 2014

5 Cara Membuat Keputusan yang Cepat dan Tepat

Focus on solution, not on the problem.

Hidup ditentukan oleh kemampuan kita untuk membuat keputusan. Karir, hubungan asmara, dan kesehatan, semua hal tentang kehidupan kamu sekarang dibentuk oleh keputusan yang kamu ambil pada masa lalu.

Dalam proses mengambil sebuah keputusan diperlukan kecepatan dan ketepatan. Dibutuhkan teknik yang bisa membantu untuk memasukkan keputusan yang diambil kedalam kepala dan berhenti merasa khawatir yang berlebihan tentang akibat yang akan terjadi. Dibawah ini ada 5 tips untuk membantu kamu menyeimbangkan proses pengambilan keputusan kita. 

1. Aturan 2 Menit 
Melalui cara ini, kamu dapat langsung bertindak berdasarkan deadline yang kamu tentukan. Hal ini cukup sederhana untuk dilakukan. Setiap kali kamu harus mengambil keputusan, aturlah timer dan mulailah prosesnya. Batasan waktu akan memaksa kamu untuk menilai kelebihan dan kekurangan dari suatu keputusan, sehingga kamu dapat dengan cepat mengambil keputusan. Kesederhanaan cara ini membuatnya dapat sering digunakan. Jika kamu adalah orang yang lambat mengambil keputusan, tips ini akan sangat membantu. Tips ini tidak harus 2 menit, 1-5 menit juga akan bekerja dengan baik. 

2. Berpikir Hitam Dan Putih 
Ada beberapa saat dimana kamu memiliki pilihan lebih banyak daripada yang kamu butuhkan. Berlebihan, dalam semua hal, membingungkan kamu dan akhirnya dapat menyebabkan analysis paralysis. Sehingga dalam kasus ini, cobalah untuk menilai opsi dengan sederhana, antara opsi yang baik dan opsi yang buruk, opsi yang positif dan opsi yang negatif, dimana hal tersebut akan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan yang optimal. Tips ini cocok untuk tipe orang yang over-thinker

3. Letakkan Opsi Dalam Tas
Jika semua opsi terlihat memiliki nilai yang sama, tulislah beberapa opsi terbaik pada beberapa potong kertas dan letakkan kertas tersebut didalam tas/topi. Keputusan kamu akan ditentukan dengan kertas yang akan kamu cabut secara acak. 

4. Fokus Pada Saat Ini 
Kamu seringkali kebingungan dengan rencana kedepan, mencoba untuk melihat bagaimana keputusan tersebut akan mempengaruhi masa depan. Hal ini dapat menguras pikiran kamu, karena kamu terlalu mempertimbangkan resiko dan konsekuensi dari langkah tersebut. Hiduplah pada saat ini juga, buatlah keputusan berdasarkan apa yang akan membuat langkah selanjutnya lebih mudah. Melakukan hal ini untuk setiap langkah yang kamu ambil adalah hal yang baik. 

5 . Jangan Takut Gagal 
Ketakutan terbesar ketika kamu mengambil keputusan dengan lambat mungkin dikarenakan keputusan yang akan kamu ambil tersebut akan menyebabkan hasil yang buruk. Terkadang kamu memilih untuk tidak mengambil keputusan sama sekali karena telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk pertanyaan yang tidak perlu, takut akan segala resiko dan konsekuensi yang buruk, serta kegagalan. Cara berfikir yang seperti ini mesti diubah. 

Seharusnya, kamu harus melihat bahwa menunda-nunda keputusan sama buruknya dengan membuat keputusan yang buruk. Kamu bisa menyelamatkan kembali keputusan yang buruk, serta belajar dari keputusan tersebut. Tetapi tidak mengambil keputusan sama sekali berarti kamu tidak dapat menentukan bagaimana hidup kamu akan berjalan. Ketakutan akan kegagalan sama artinya dengan mengangtungkan keputusan yang kamu buat kepada orang lain atau sesuatu hal.

Source: http://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/pengembangan-diri/5-cara-dan-tips-untuk-membuat-keputusan-yang-cepat/

0 komentar:

Posting Komentar