Senin, 22 September 2014

Nick Vujicic, Sosok Nyata dari Kesungguhan Niat dan Usaha

Pada masa kecilnya sering diintimidasi teman-teman sekolah. Pada usia delapan tahun, mulai memikirkan  bunuh diri, bahkan pada usia sepuluh tahun dia mencoba untuk menenggelamkan dirinya di bak mandi. 

Lahir  di Brisbane, 4 Desember 1982, Nicholas James Vujicic terlahir dengan mengalami gangguan Tetra-ameila langka, yaitu gangguan kelahiran di mana anak tersebut terlahir tanpa tangan dan kaki. Ya, siapa yang tidak kenal Nick Vujicic, seorang motivator terkemuka di kelas internasional. Nick telah menjadi teladan yang baik dan menginspirasi banyak orang untuk memaknai hidup lebih baik lagi. Dengan segala keterbatasan fisiknya, Nick membuktikan pada dunia bahwa prestasi dapat diraih oleh siapapun, termasuk oleh seorang difable.

Nick adalah sosok yang tangguh, tekun, dan taat pada agamanya. Secara tampilan fisik, Nick sama halnya dengan orang-orang pada umumnya. Lihat saja, Nick kecil tidak kalah menggemaskan dibandingkan dengan balita-balita normal lainnya.


Terlahir secara abnormal, pasti membuat siapapun akan merasa down secara mental. Butuh waktu cukup lama untuk Nick memahami dan menerima kondisi fisiknya. Hingga pada usia 12 tahun, sebuah kejadian yang membuat Nick yakin dan kuat untuk menjalani hidup tanpa harus berkeluh kesah atau meratapi nasib. Sebuah surat kabar yang dibaca bersama  ibunya, menceritakan kisah tentang seorang difable yang melakukan hal-hal yang hebat, dan menolong orang lain. Hal tersebut menginspirasi Nick, membuatnya bangkit dari keterpurukan hidupnya, dan kemudia membangun kehidupan yang lebih baik.

Nick memang terlahir tidak sempurna, namun hal tersebut tidak membuatnya membatasi aktivitas dan kreativitasnya. Dengan kondisi fisik yang dimilikinya, Nick mampu belajar melakukan hal-hal banyak menyerupai orang-orang normal pada umumnya. Mulai dari menulis dengan menggunakan dua jari pada kaki kirinya, mengoperasikan komputer seperti mengetik hingga 45 kata per menit hanya dengan menggunakan “tumit dan kaki”, atau aktivitas sehari-hari lainnya yang dilakukan oleh orang pada umumnya, seperti melemparkan bola tenis, bermain pedal drum, mengambil segelas air, menyisir rambutnya, sikat gigi, menjawab telepon dan bercukur, bermaingolf, berenang, bahkan melakukan olah raga sky-diving.



Nick adalah seorang yang cedas, dikaruniai pemikiran yang brilian, Nick mengembangkan lembaga non-profit Life Without Limbs pada usianya yang ke 17 tahun. Setelah itu, Nick berhasil menyelesaikan studi akademiknya pada usia 21 tahun dengan dua gelar sarjana, yakni Akuntansi dan Perencanaan Keuangan. Hingga akhirnya dikenal oleh masyarakat luas melalui promosi karya tulisannya yang berjudul Life Without Limits: Inspiration for a Ridiculously Good Life (Random House, 2010) pada sebuah acara televisi terkemuka, The Oprah Winfrey Show.

Kini Nick telah dikenal banyak orang, dan memberikan inspirasi yang positif bagi kita semua. Hampir lebihj dari 24 negara di empat benua serta 2 juta orang, khususnya kaum muda telah menjadi saksi nyata kisah hidup Nick. Termasuk Indonesia, Nick pernah dihadirkan oleh salah satu statsiun televisi swasta beberapa waktu lalu. Banyak hal baik yang dapat kita petik dari kisah hidup Nick. Nick mengajarkan kita untuk bersyukur dan memaknai hidup lebih baik. Bahwa apa yang telah Tuhan titipkan kepada kita semua, adalah karunia yang harus kita syukuri. 



Sebagai orang yang terlahir sempurna dengan kondisi fisik yang lebih dibandingkan Nick, tidak ada alasan untuk kita untuk terus berkeluh kesah terhadap kondisi fisik kita. Baik itu tinggi, pendek, hitam, putih, kurus atau besar, adalah karunia yang harus kita terima dan syukuri, bukan untuk jadi bahan ejekan sesama teman. Sosok Nick membuat kita malu untuk hanya duduk diam terpaku dan mengeluhkan karunia Tuhan tanpa berusaha memperjuangkan kehidupan kita dan mensyukurinya sebagai anugerah terindah yang pernah diberikan-Nya. Masih banyak prestasi yang dapat kita raih dalam hidup ini, jika kita bersungguh-sungguh melakukannya. Ingatlah ungkapan "If there's a will, there's a way", jika ada niat maka akan ada jalan untuk melakukannya. Nick Vujicic adalah sosok nyata dari kesungguhan niat dan usaha #BKmedia.

Source: http://kolom-biografi.blogspot.com/2012/02/biografi-nick-vujicic-bukti-tuhan-maha.html

0 komentar:

Posting Komentar