Rabu, 12 November 2014

Jauhi 3 Kalimat ini Saat Kamu Menjenguk Teman yang Sakit


Friends Uplift the Soul.

Siapa yang tidak merasa senang ketika ada yang memberi perhatian. Terlebih ketika sedang sakit, terkadang tercetus rasa dalam hati ingin rasanya ada yang memperhatikan lebih. Ya, mungkin itu adalah harapan dari salah satu teman Kamu ketika dia sedang terbaring sakit di rumahnya.

Sebagai teman yang baik dan peduli kepada sesama, menjenguk temanmu yang sedang sakit adalah bentuk dari rasa simpati Kamu terhadap dia. Simpati adalah suatu proses seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Ketika Kamu bersimpati kepada temanmu yang sakit, maka Kamu juga akan merasakan sedikitnya perasaan yang sedang dialami olehnya.

Namun, jangan sembarang dan meremehkan cara menunjukkan rasa simpati serta memberikan dukungan saat teman sedang terbaring sakit. Karena setiap niat yang baik belum tentu berujung baik. Sikap yang ingin Kamu sampaikan terkadang disalahartikan oleh orang lain. Beberapa diantaranya adalah ucapan-ucapan yang terkadang patut dihindari ketika Kamu menengok teman yang sedang sakit. 

"Kamu terlihat cantik atau ganteng"
Mungkin maksud Kamu baik, ingin menghibur teman yang sedang sakit, tapi tahukah Kamu pernyataan tersebut bisa membuatnya tersinggung. Sebab, siapa pun paham, bahwa kondisi tubuh yang sedang tidak fit akan membuat penampilan orang tersebut menjadi tampak lusuh, berminyak, dan tak sedap di pandang. Seringkali orang tidak ingin dilihat ketika Dia sedang sakit. Karena Dia sedang merasa pada kondisi yang paling engga banget menurutnya. 

"Akhirnya Kamu dapat libur juga"
Siapa juga yang ingin "bebas" dari pekerjaannya dan rutinitasnya setiap hari. Memang dengan izin karena sakit kamu bisa mendapatkan kebebasan untuk tidak pergi ke sekolah. Tapi perlu kamu ketahui, kalimat seperti ini sesungguhnya hanya akan mengingatkannya pada aktivitas sehari-harinya kembali. Membuatnya mengingat kembali kepada tugas-tugas yang belum dikerjakan, ulangan susulan, teman-teman di kelas, dan segala aktivitas yang terkadang membuat Dia ingin segera sembuh dan kembali aktif menjalani rutinitasnya sebagai pelajar.

"Kamu sering stres jadi sakit deh"
Ketika seseorang jatuh sakit karena stres, itu tandanya dirinya memiliki masalah yang tak kunjung selesai. Masalah-masalah tersebut menumpuk, lalu menjadi beban pikiran yang pada akhirnya berdampak buruk pada kondisi tubuh. Niat kamu untuk menghibur atau memulai pembicaraan dengan teman yang sakit, bisa berujung membuat Dia jadi tidak enak hati atau malah menambah beban pikirannya. Kamu bisa menghiburnya dengan cara yang lain, bisa dengan menemaninya atau ngobrol tentang hal-hal yang ringan. Siapa tahu dengan demikian, Dia merasa senang karena ada sosok teman yang bisa diajak curhat. 

Untuk menghibur dan mendukung teman yang sedang sakit, Kamu bisa menyampaikannya dengan kalimat-kalimat seperti "Saya tidak tahu harus bilang apa, tapi saya peduli padamu", "Jika Kamu mau menangis,menangislah. Saya akan ada di sampingmu", atau "Apakah ada barang yang Kamu perlukan? Saya akan mendapatkannya untukmu".

Selanjutnya, jangan lupa selipkan humor dalam pembicaraan Kamu dengannya, karena guyonan yang mengundang tawa dapat meredakan tekanan dan bisa membuat seseorang merasa lebih baik. #BKmedia

Source: http://jabar.tribunnews.com/2014/07/04/jangan-katakan-3-kalimat-ini-jika-sedang-menjenguk-teman-sakit

0 komentar:

Posting Komentar